<![CDATA[Research of Community Mental Health Initiative - With Partner]]>Mon, 25 Mar 2024 04:25:11 -0700Weebly<![CDATA[LAPPAN Maluku - Mahina Bacarita: Perempuan Maluku Berbagi Semangat Lewat Puisi]]>Tue, 06 Apr 2021 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-maluku-mahina-bacarita-perempuan-maluku-berbagi-semangat-lewat-puisi
Menutup bulan Maret di tahun 2021, dalam rangka perayaan Hari Perempuan Sedunia, LAPPAN Maluku mengadakan acara peluncuran buku "Bacarita Mahina Sanusa" yang merupakan buku puisi hasil kolaborasi antara RoCMHI, LAPPAN Maluku, dan Yayasan Cahaya Guru, bersama dengan komunitas mama-mama di Maluku. 

Acara ini dilangsungkan secara daring pada hari Selasa, 30 Maret 2021. Rangkaian acara diisi dengan sesi pembacaan puisi oleh mama-mama dari komunitas serta cerita dari mama-mama di balik proses pembuatan puisi mereka.

Yuk, tunjukkan dukungan untuk perempuan-perempuan hebat lainnya!
]]>
<![CDATA[LAPPAN Maluku - Badonci Kintal SANUSA]]>Sun, 03 Jan 2021 08:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-maluku-badonci-kintal-sanusa

Mae Mae Ina Mae Mae Ama Mae Nusu Eke Kintal SANUSA

(
Mari Ibu dan Bapak bergabung dengan Kintal SANUSA)

Pada penghujung tahun 2020, LAPPAN Maluku bersama dengan RoCMHI mempersembahkan acara “Badonci” yang memiliki arti ‘menari’ dalam bahasa Maluku. Acara ini dilaksanakan dalam rangka penutupan Kintal SANUSA yang diiniasi oleh mama-mama komunitas dari Maluku. Badonci juga merupakan ajang untuk mempererat persaudaraan dan tanda solidaritas, serta menghubungkan setiap orang dari satu desa ke desa lain dan mendorong adanya perdamaian.

Pada hari Selasa, 29 Desember 2020 acara ini berjalan secara daring dan dimeriahkan oleh berbagai penampilan mama-mama, kakak-kakak, dan adik-adik dari berbagai komunitas Maluku. Penampilan tersebut terdiri dari menyanyi, menari, membaca puisi, dan masih banyak lagi!

Acara ini dapat disaksikan lewat platform Youtube di channel Research of Community Mental Health Initiative.
]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Pendidikan Anak di Masa Pandemi”]]>Sun, 23 Aug 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-pendidikan-anak-di-masa-pandemi
Narasumber dari pertemuan kali ini adalah Sri Wahyaningsih (Pendiri Sanggar Anak Alam). Pertemuan kali ini juga dibuka oleh penampilan menarik dari sanggar tari komunitas anak-anak di Lourdes dan Arbes. Dalam webinar kali ini, Ibu Wahya menekankan mengenai pentingnya menciptakan ekosistem belajar. Ekosistem belajar yang baik akan mampu membuat proses belajar tetap berjalan. Tidak untuk percaya diri dengan apa yang kita miliki karena belajar tidak semata-mata tergantung dari 1 unsur saja, melainkan ketika kita mampu memaknai dan memanfaatkan sumber daya dan kekuatan yang ada di sekitar kita dan berada di lingkungan tempat kita tinggal.

]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “PENGASUHAN ANAK DI MASA PANDEMI”]]>Sun, 16 Aug 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-pengasuhan-anak-di-masa-pandemi
Pertemuan pada kali ini dikunjungi oleh narasumber Ibu dr. Sri Redatin Retno Pudjiati, M.Si. (Dosen Fakultas Psikologi UI). Dalam kesempatan kali ini, Ibu Pudji memberikan beberapa tips-tips agar orang tua dapat mengurangi stres seperti: menerima keadaan, mengurangi tuntutan, realistis, berbagi peran dan mengembangkan toleransi di dalam keluarga, membagi waktu, menciptakan suasana belajar yang serupa seperti di sekolah, membuat support group, berdialog dengan orang lain, menyediakan waktu untuk melakukan hal yang digemari, dan menyediakan kegiatan kreatif bagi anak di rumah.
]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Carita Minggu Sore” Sesi 2]]>Sun, 09 Aug 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-carita-minggu-sore-sesi-2Carita Minggu Sore sesi 2 dihadiri oleh seorang narasumber bernama Ibu Henny Supolo sebagai Ketua Yayasan Cahaya Guru. Ibu Henny menceritakan bahwa pendidikan di masa pandemi harus ramah anak dan ramah orang tua. Kita punya kekuatan, kita bisa, dan kita tidak sendirian. Ibu Henny Supolo mengatakan bahwa “Belajar tak semata terbatas di sekolah, melainkan kita bisa belajar dari mana saja, termasuk di rumah".
]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Carita Minggu Sore” Sesi 1]]>Sun, 02 Aug 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-carita-minggu-sore-sesi-1
Narasumber dari pertemuan kali ini adalah Andy Flores Noya (Wartawan dan Presenter Televisi Indonesia). Beliau menjelaskan bahwa menolong itu perbuatan seumur hidup. Tujuan hidup kita adalah menjalani kehidupan yang bermakna. Kita tak bisa lari dari panggilan kita dalam membantu sesama. Semua ini merupakan bagian dari rencana Tuhan. Kita berbicara tentang bagaimana Tuhan memakai kita untuk bantu sesama. Kita tidak pernah tau sampai kapan usia kita. Waktu itu singkat, kita tentunya ingin membuat hidup kita bermakna, teruslah berbuat baik tiap hari dan semangat!
]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Menulis Puisi dan Bahagia”]]>Sun, 26 Jul 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-menulis-puisi-dan-bahagia    Webinar bersama Ibu Zubaidah Djohar sebagai seorang penyair menyampaikan bahwa puisi adalah cara kita menunjukkan pikiran kita. Puisi membantu kita melukiskan apa yang ada dalam pikiran kita. Berpuisi tak sekadar berkata, melainkan memberi rasa pada setiap kata yang dituliskan. Puisi juga dapat dijadikan sarana sebagai katarsis atau cara positif mengungkapkan emosi.
]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Mangente Perkembangan Covid-19 di Maluku”]]>Sun, 19 Jul 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-mangente-perkembangan-covid-19-di-maluku    Berbagi cerita bersama Ibu Sisca Wiguno yang merupakan seorang staf kesehatan PBB UNICEF di daerah Maluku. Dalam kegiatan virtual kali ini, Ibu Sisca mengajak ibu-ibu komunitas LAPPAN untuk melihat perkembangan COVID-19. Ibu Sisca menjelaskan bahwa kita bersama memiliki kontrol atas penyebaran virus COVID-19. Kita masyarakat berperan besar dalam memutus mata rantai ini. Dengan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah, melakukan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak sejauh 2 meter, dan memakai masker) dan menghindari 3R (Ruangan tertutup, ramai-ramai, dan rumpi jarak dekat), kita melakukan kebaikan bagi orang lain. Kita menularkan kebaikan dan berkontribusi dalam menekan penyebaran virus COVID-19. ​]]><![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Puan Menulis Pandemi”]]>Sun, 12 Jul 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-puan-menulis-pandemi
Pertemuan berjudul “Puan Menulis Pandemi” merupakan kelas online yang diadakan LAPPAN Maluku bersama Ibu Mardiyah Chamim (seorang jurnalis dan penulis) untuk memberikan ilmu dan informasi bagi komunitas perempuan di Ambon untuk belajar menuliskan kisah, pengalaman, dan pandangan dari para ibu di komunitas mengenai peristiwa pandemik COVID-19.
]]>
<![CDATA[LAPPAN - KINTAL SANUSA : “Sehat Mental Selama Pandemi COVID-19”]]>Sun, 05 Jul 2020 07:00:00 GMThttps://rocmhi.com/with-partner/lappan-kintal-sanusa-sehat-mental-selama-pandemi-covid-19    Webinar dilaksanakan bersama narasumber Ghea Farasania yang merupakan lulusan sarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia angkatan 2016. Mbak Ghea menjelaskan mengenai pentingnya waktu berkualitas untuk diri sendiri demi menjaga kesehatan mental.
]]>